KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) OTENTIKASI PADA APLIKASI BERBASIS WEB


OTENTIKASI PADA APLIKASI BERBASIS WEB

ABSTRAK

Sekarang ini , teknologi informasi sedang berkembang dengan pesat yang memungkinkan semua orang dapat berkomunikasi dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak ribuan kilometer. Data yang dikirimkan itu menggunakan jalur transmisi telekomunikasi yang belum tentu terjamin keamananya. Bila data yang sedang dikirim melalui media transmisi itu dicuri atau diubah oleh penyadap dan cracker untuk kepentingan tertentu. Hal ini sedang menjadi masalah bagi dunia telekomunikasi terutama dalam pengiriman data penting yang memerlukan kerahasiaan tinggi seperti informasi intelijen kemeliteran, keuangan bank, informasi rahasia negara dan informasi penting lainnya.

Berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang handal dan tidak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data.

Untuk mengatasi masalah itu digunakan otentikasi untuk melindungi data dan informasi pada sistem komputer, agar tidak digunakan atau dimodifikasi orang yang tidak di otorisasi.bahwa informasi di sistem komputer hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang diotorisasi dan modifikasi tetap menjaga konsistensi dan keutuhan data di sistem.

Authentification adalah proses dalam rangka validasi user pada saat memasuki sistem, nama dan password dari user di cek melalui proses yang mengecek langsung ke daftar mereka yang diberikan hak untuk memasuki sistem tersebut. Autorisasi ini di set up oleh administrator, webmaster atau pemilik situs (pemegang hak tertinggi atau mereka yang ditunjuk di sistem tersebut. Untuk proses ini masing-masing user akan di cek dari data yang diberikannya seperti nama, password serta hal-hal lainnya yang tidak tertutup kemungkinannya seperti jam penggunaan, lokasi yang diperbolehkan.

1/33

Selain itu authentification juga merupakan salah satu dari banyak metode yang digunakan untuk menyediakan bukti bahwa dokumen tertentu yang diterima secara elektronik benar-benar datang dari orang yang bersangkutan dan tak berubah caranya adalah dengan mengirimkan suatu kode tertentu melaui e-mail dan kemudian pemilik e-mail mereplay email tersebut atau mengetikan kode yang telah dikirimkan.

Authentication server berfungsi untuk mengenali user yang berintegrasi ke jaringan dan memuat semua informasi dari user tersebut, dalam praktek biasanya authentification server mempunyai backupp yang berfungsi untuk menjaga jika server itu ada masalah sehingga jaringan dan pelayanan tidak terganggu.

Dalam aplikasi Web dibutuhkan mekanisme yang dapat melindungi data dari pengguna yang tidak berhak mengaksesnya, misalnya sebuah situs Web yang berisikan foto-foto keluarga dan hanya dapat diakses sesama anggota keluarga. Mekanisme ini dapat diimplementasikan dalam bentuk sebuah proses login yang biasanya terdiri dari tiga buah tahapan yaitu : identifikasi, otentikasi dan otorisasi

Proses otentifikasi pada prinsipnya berfungsi sebagai kesempatan pengguna dan pemberi layanan dalam proses pengaksesan resource. Pihak pengguna harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan pemberi layanan untuk berhak mendapatkan resourcenya. Sedang pihak pemberi layanan harus mampu menjamin bahwa pihak yang tidak berhak tidak akan dapat mengakses resource ini.

Proses otentikasi dapat dilakukan oleh webserver ataupun PHP, sebagai berikut Otentikasi oleh Webserver

Pada server Apache ada beberapa metode yang dipakai dalam mengimplementasikan mekanisme otentikasi. Pada prinsipnya mekanisme ini dibagi dua jenis yaitu :

· Otentikasi dasar HTTP (HTTP Basic Authentication) yang dapat menggunakan beberapa media penyimpanan data otentikasi seperti file teks, file database DBM, atau RDBMS (misalnya My SQL )

· Otentikasi menggunakan MD5 Digest

2/33

Dalam melakukan perlindungan terhadap suatu resource, kedua jenis otentikasi di atas menggunakan metode berbasis realm (daerah akses yang dikontrol). Setiap resource baik tunggal maupun jamak yang dilindungi akan mempunyai sebuah nama realm. nama realm dapat dispesifikasikan dalam file konfigurasi dengan menggunakan direktif AuthName.

Otentikasi dasar HTTP

Otentikasi dasar HTTP menggunakan teknik base64-encoding sederhana yang diaplikasikan untuk username dan password sebelum data tersebut ditransfer ke server

Otentikasi jenis ini dipakai untuk membatasi akses ke halaman-halaman web dengan berdasarkan kepada :

· nama host dari browser;

· password yang dimasukkan oleh user

Otentikasi dasar berbasis password

Jika seorang pengguna untuk pertama kalinya mencoba mengakses direktori yang dilindungi, maka ia harus terlebih dahulu menuliskan nama dan password ke dalam sebuah form yang muncul dalam bentuk window pop up. Jika nama dan password pengguna ini diizinkan untuk mengakses, maka browser berhak mengakses ke direktori ini selama sisa sesi browsing.

Otentikasi dasar berbasis Host

Jenis otentikasi dasar lainnya adalah pembatasan akses berdasarkan host klien. Host dapat berupa nama domain seperti f117.bopmber.org atau alamat IP seperti 172.20.172.10.

3/33

Pendahuluan

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat

Kini penggunaan jaringan komputer kian populer, banyak berbagai jenis perusahaan memiliki jaringan komputer dalam beberapa bentuk. Jaringan komputer digolongkan dalam dua kelompok utama, Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer sampai ratusan komputer disuatu kantor atau gedung merupakan jaringan lokal atau disebut Local Area Network (LAN). LAN yang terpisah dapat dihubungkan menggunakan jalur komunikasi tertentu, misalnya jalur telpon. Hasilnya berupa jaringan luas atau Wide Area Network (WAN).


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!