KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) MONITORING RUANGAN MENGGUNAKAN KAMERA IP DENGAN BAHASA PERSONAL HOME PAGE ( PHP )


BAB I

PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang

Informasi adalah salah satu kata kunci pada zaman ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi, dan bisa juga dikatakan bahwa semua kegiatan kita dituntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Penggunaan komputer pada berbagai bidang, kalangan, dan usia selalu kita jumpai sekarang ini. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan komputer, pengelolaan informasi dapat berlangsung lebih baik lagi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus dan bisa diolah, Salah satu pengolahan informasinya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memonitoring ruangan dengan kamera IP. Pada sistem monitoring ruangan ini terdiri dari Client dan Server. Perangkat lunak yang akan digunakan terdiri dari : Linux, CamServ, PHP (Personal Home Page), JavaScript, Bahasa Pemrograman C dan shell.

Begitu juga kebutuhan penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama semakin mudah. Penggunaan jaringan secara bersama-sama ini tumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar yang tersebar di seluruh bagian di muka bumi ini. Jaringan komputer seperti ini kita kenal dengan nama internet. Internet bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja, dimana saja, kapan pun kita mau menggunakannya. Berbagai macam teknologi internet bisa digunakan, salah satunya adalah World Wide Web (atau selanjutnya disebut “WEB” saja) yang mampu menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun gambar bergerak. Dengan kemampuan seperti ini, web menjadi sangat terkenal dan perkembangannya sangatlah pesat.

Dengan terus melajunya roda perkembangan teknologi, web berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, namun juga mampu untuk mengolah informasi. Proses pengolahan informasi dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis. Hal ini membutuhkan penggunaan sarana teknis yang menentukan. Sarana tersebut banyak bergantung pada penggunaan perangkat lunak yang kuat, aman, terpercaya, dan cepat. Perangkat lunak penentu yang dibutuhkan antara lain adalah sebuah server-side scripting language, atau juga disebut sebagai CGI (Common Gateway Interface), yang banyak tersedia di pasaran seperti : Perl, ASP (Active Server Pages), Cold Fusion, Python, dan PHP.

Dengan berpedoman pada masalah di atas maka Penulis tertarik untuk merancang suatu solusi yang mungkin bisa bermanfaat bagi masyarakat dan saya pribadi ke dalam penyelesaian tugas akhir dengan judul ”MONITORING RUANGAN MENGGUNAKAN KAMERA IP DENGAN BAHASA PERSONAL HOME PAGE ( PHP )”.

1.2. Perumusan Masalah dan Pembatasan Masalah

1.2.1 Perumusan Masalah

Penulis merumuskan permasalahan bagaimana pembuatan suatu aplikasi yang dapat memonitoring ruangan menggunakan Kamera IP dengan Bahasa Personal Home Page ( PHP )

1.2.2 Pembatasan Masalah

Karena ruang lingkup permasalahan monitoring ruangan sangatlah luas, maka dalam penulisan Laporan Akhir ini penulis hanya membahas tentang perangkat lunak atau software Personal Home Page ( PHP ) sebagai software untuk memonitoring ruangan.

I. 3 Tujuan dan Manfaat

I.3.1 Tujuan penulisan Laporan Akhir ini :

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :

a. Untuk memenuhi salah satu syarat kurikulum Diploma III Jurusan Teknik Komputer Program Studi Politeknik Negeri Sriwijaya.

b. Untuk memudahkan monitoring sebuah ruangan yang dapat dipantau pada jarak dekat ataupun jarak jauh dengan cara membuat suatu sistem monitoring yang bekerja secara real time.

c. Untuk meningkatkan keamanan pada suatu ruangan yang disetiap kejadian dalam ruangan itu dapat di rekam dan diputar ulang agar sistem keamanan yang ada dapat dimaksimalkan.

I.3.2 Manfaat penulisan Laporan Akhir ini :

Adapun manfaat yang dapat diambil dari pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :

a. Dapat menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah, pada pembuatan suatu aplikasi yang nyata.

b. Dapat membuat program yang dapat memonitoring ruangan dan pengamanan terhadap sistem operasi yang mendukung berjalannya aplikasi yang dibuat

c. Dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam memonitoring suatu ruangan.

1.4 Metodologi Penulisan

Metode yang digunakan dalam penulisan laporan akhir ini adalah sebagai berikut:

a. Metode Kepustakaan ( library research )

Dengan metode ini, penulis memperoleh masukan tentang data yang dibutuhkan beberapa buku-buku yang ada hubungannya denang masalah yang akan dibahas.

b. Metode Observasi

Melalui metode ini, penulis melakukan pengamatan dan pencatatan secara cermat terhadap sistem yang digunakan.

c. Metode Konsultasi

Pada metode ini, penulis melakukan konsultasi kepada pembimbing I dan pembimbing II. Serta orang-orang yang memiliki pengetahuan terhadap masalah yang di bahas.

1.5.1 Sistematika Penulisan

Dalam pembuatan laporan akhir ini, untuk mempermudah penulisan agar lebih terarah, maka penulis menggunakan kerangka sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini membahas secara garis besar mengenai latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat, metode penelitian serta sistematika laporan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini membahas teori–teori dasar yang dipergunakan untuk mendukung materi dalam penyusunan laporan tugas akhir.

BAB III RANCANG BANGUN

Bab ini berisikan tentang perancangan aplikasi program untuk monitoring ruangan dengan kamera IP menggunakan bahasa Personal Home Page (PHP). serta akan diuraikan langkah-langkah pembuatan rancangan program dan cara kerja program tersebut.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab ini mengenai analisa kerja dan aplikasi program

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisikan kesimpulan dan saran terhadap isi Laporan Akhir, dimana saran yang diberikan merupakan saran yang bersifat membangun

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan sumber–sumber pustaka yaitu informasi dan data dalam penyelesaian perancangan laporan akhir dan perancangan database.

LAMPIRAN


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!