KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(036) PEMANFAATAN MOUSE OPTIK KOMPUTER SEBAGAI SENSOR PENENTUAN KLETAK ROBOT



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang instrumentasi dan kendali saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai macam inovasi penting telah banyak dilakukan. Hal ini berimbas juga pada institusi Perguruan Tinggi sebagai tempat untuk mencetak tenaga profesional yang berusaha mengikuti perkembangan yang ada diluar. Kegiatan laboratorium instrumentasi dan kendali dilakukan untuk mengkaji dan mengamati karakteristik berbagai piranti sensor, tranduser dan detektor serta aplikasinya. Instrumentasi dan kendali menjadi sebuah bidang yang banyak diadakan penelitian dan pengembangan, tetapi pelaksanaannya tidak dapat dilaksanakan secara optimal karena sulit untuk menerapkan berbagai piranti tersebut. Jika ada secara ekonomis harganyapun relatif mahal.

Optik mouse komputer memiliki kemiripan dengan piranti tranduser karena memiliki sebuah sensor semikonduktor yang dinamakan CCD (Change Coupled Display) yang bekerja mengubah intensitas cahaya ke berkas elektron yang kemudian diolah kamera chip yang terintegrasi di dalam optik mouse. Prinsip kerja optik mouse tersebut memiliki kesamaan dengan A/D converter (www.chipmunk.nl/promouse/part6-9-10.html. Tanggal download: Sabtu, 10 Juli 2006. Jam : 22:11:46 WIB). Berdasarkan karakteristik tersebut maka optik mouse komputer dimungkinkan untuk dikembangkan menjadi sebuah piranti sensor.

Hal inilah yang menarik untuk memanfaatkan mouse optik komputer sebagai sensor dan mengaplikasikannya dalam bidang instrumentasi dan kendali serta dapat dipergunakan untuk kelengkapan unit-unit praktikum bidang instrumentasi dan kendali maupun untuk penelitian.

Oleh karena itu yang diteliti adalah pemanfaatan mouse optik komputer sebagai sensor untuk menentukan posisi letak suatu robot. Berdasar paparan tersebut diatas dibuat penelitian dengan judul: ”Pemanfaatan Mouse Optik Komputer Sebagai Sensor Untuk Menentukan Posisi Letak Suatu Robot”.

B. Permasalahan

Pemanfaatan mouse optik komputer adalah aplikasi yang masih jarang digunakan sebagai sensor. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pada piranti ini dan masih terbuka untuk pengembangannya secara luas.

Mouse optik adalah mouse yang menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai pencahaya. Sensor pada mouse optik mampu menangkap gambar dengan kecepatan 1500 frame per detik sampai 7000 frame per detik. Dengan kecepatan mencapai 45 inci per detik dengan resolusi 2000 count per inci (cpi).

Karakteristik mouse optik komputer mampu menjejak dasar letak suatu objek berdasar frame. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah:

1. Apakah bisa dilakukan integrasi antara Port PS/2 pada mouse optik dengan konektor pin/ kaki-kaki IC pada mikrokontroler AT89C51.

2. Bagaimana membuat algoritma pemrograman atau metode pemecahan masalah dengan bahasa assembly pada mikrokontroler AT89C51.

3. Bagaimana menghubungkan pin out/ kaki-kaki IC dari mikrokontroler AT89C51 ke port modul LCD (Liquid Crystal Display) M1632.

4. Perlu dilakukan pengujian untuk menentukan interval jarak pada dasar koordinat (X,Y) jika robot bergerak dalam sumbu (X,Y) cm.

C. Pembatasan Masalah

Penelitian agar tidak menyimpang dari tujuannya memerlukan adanya pembatasan ruang lingkup masalah pada satu pokok permasalahan. Pokok permasalahan yang diteliti dalam eksperimen ini adalah pemanfaatan mouse optik komputer sebagai sensor untuk menentukan posisi letak koordinat (X,Y) robot dengan tampilan LCD (Liquid Crystal Display) berbasis mikrokontroler AT89C51.

D. Penegasan Istilah

1. Sensor adalah elemen yang mengubah sinyal fisik menjadi sinyal elektronik yang dibutuhkan oleh komputer (KBBI, 2003: 1039 ).

2. Mikrokontroler adalah Central Processing Unit (CPU) yang disertai dengan memori serta sarana input / output dan dibuat dalam bentuk chip (Suhata, 2005: 7).

3. LCD (Liguid Crystal Display) merupakan jenis diode kristal yang memendarkan cahaya dan pada dasarnya dapat menampilkan karakter (www.delta-electronic.com/Design/Apnote/DSTLCD.htm. Down load: Tuesday, July 14,2006.Time: 14: 40: 07 AM).

4. Mouse optik komputer memiliki kemiripan dengan piranti tranduser karena memiliki sebuah sensor semikonduktor yang dinamakan CCD (Change Coupled Display) yang bekerja mengubah intensitas cahaya ke berkas elektron yang kemudian diolah kamera chip yang terintegrasi di dalam optik mouse. Prinsip kerja optik mouse tersebut memiliki kesamaan dengan A/D converter (www.chipmunk.nl/promouse/part6-9-10.html. Tanggal download : Sabtu, 10 Juni 2006.Jam : 22:11:46 WIB).

Dengan demikian yang dimaksud judul skripsi “Pemanfaatan Mouse Optik Komputer Sebagai Sensor Untuk Menentukan Posisi Suatu Robot adalah pengaplikasian interkoneksi port PS/2 mouse optik pada rangkaian kendali berumpan balik mikrokontroler AT89C51 sebagai host jalur komunikasi antara mouse optik dengan penampilan visual pada LCD untuk menampilkan posisi robot atau kedudukan robot dengan kedudukan koordinat X dan Y dengan interkoneksi/ lintas jalur komunikasi melewati sistem mikrokontroler AT89C51 sehingga terbaca posisi robot pada saat bergerak.

E. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Bisa dilakukan integrasi antara Port PS/2 pada mouse optik dengan konektor pin/ kaki-kaki IC pada mikrokontroler AT89C51.

2. Dapat membuat algoritma pemrograman atau metode pemecahan masalah dengan bahasa assembly pada mikrokontroler AT89C51.

3. Dapat menghubungkan pin out/ kaki-kaki IC dari mikrokontroler ke port modul LCD (Liquid Crystal Display).

4. Dapat menentukan interval jarak pada dasar koordinat (X,Y) jika jika robot bergerak dalam sumbu (X,Y) cm.

F. Manfaat Penelitian

Manfaat yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan mouse optik komputer sebagai sensor dan mengaplikasikan peralatan dalam bidang instrumentasi dan kendali serta dapat dipergunakan untuk kelengkapan unit-unit praktikum bidang instrumentasi dan kendali maupun untuk penelitian.

G. Sistematika Skripsi

Sistematika penulisan skripsi ini terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, bagian akhir dengan pembagian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan latar belakang masalah, permasalahan, pembatasan masalah, penegasan istilah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori dasar, prinsip kerja masing-masing komponen sistem dan kerangka berpikir.

BAB III METODE PENELITIAN DAN PERENCANAAN ALAT

Bab ini berisi tentang metode yang digunakan dalam penelitian, perancangan alat, pemrograman alat, instrumen ukur dan analisis data.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS

Bab ini berisi hasil penelitian dan analisis.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan dan saran.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!