KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(036) APLIKASI PERMAINAN RANGKAI HURUF

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Pemilihan Judul

Sekarang ini kebutuhan untuk berkomunikasi menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Kebutuhan akan pelayanan telekomunikasi akan semakin meningkat dikarenakan tuntutan kebutuhan pengguna dimasa depan yang semakin meningkat pula, namun yang pasti kebutuhan fasilitas suara masih merupakan kebutuhan yang utama bagi para pengguna jasa telekomunikasi.

Sistem komunikasi bergerak diyakini akan memegang peranan yang semakin penting dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi. Karena dengan sambungan telepon tanpa kabel (wireless) akan semakin mempermudah seseorang untuk berkomunikasi kapan saja dan dimana saja.

Untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang yang semakin berkembang, diperlukan sebuah standar global dalam bidang komunikasi bergerak. Saat ini spesifikasi dan standar bagi generasi ketiga dari teknologi wireless dikenal sebagai International Mobile Telecommunication-2000 (IMT-2000).

Sebagai sistem komunikasi bergerak generasi ketiga (3G), kata “IMT-2000” memiliki tiga makna kata yang mengandung arti, yaitu: pertama, standar telekomunikasi bergerak ini akan diresmikan pada sekitar tahun 2000, yang kedua standar ini akan memiliki kecepatan 2000 Kbps atau 2Mbps, dan yang ketiga akan beroperasi pada frekuensi 2000 MHz. Kecepatan sebesar itu mutlak dibutuhkan di masa mendatang yang merupakan era multimedia.

IMT-2000 merupakan sistem komunikasi bergerak (mobile communication System) generasi ketiga (3G) yang dirancang untuk menyediakan layanan global, kapabilitas layanan yang beragam dan perbaikan performance secara signifikan. Teknologi ini akan mengintegrasikan pager, telepon selular, dan sistem komunikasi bergerak dengan satelit (mobile satellite system), selain itu diharapkan dengan IMT-2000 nanti pengguna akan dapat di akses secara global dengan nomor yang sama dimanapun di berada. Oleh karena itu, IMT-2000 dapat dikatakan sebagai dasar bagi akses komunikasi global yang terintegrasi.

I.2. Tujuan Penulisan

Tujuan yang hendak dicapai pada penulisan tugas akhir ini adalah untuk mempelajari dan mengetahui tentang spesifikasi dan standarisasi dari sistem komunikasi bergerak generasi ketiga IMT-2000. Serta keunggulan dan kekurangan sistem ini dalam segi teknisnya.

I.3. Batasan Masalah

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis hanya membataskan masalah pada keunggulan sistem IMT-2000 dibandingkan dengan sistem yang ada pada saat ini, yang dilihat dari segi teknologi, fasilitas layanan, dan market.

I.4. Metode Penulisan

Penyusunan tugas akhir ini disusun berdasarkan dari beberapa sumber literatur, baik berupa majalah-majalah, jurnal, bahan seminar, internet, dan buku-buku mengenai komunikasi wireless yang terkait yang sangat mendukung penyusunan tugas akhir ini.

I.5. Sistematika Penulisan

Pembahasan Tugas Akhir ini secara Garis besar tersusun dari 5 (lima) bab, yaitu diuraikan sebagai berikut:

BAB I. PENDAHULUAN

Pada Bab ini akan dibahas mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.

BAB II. SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK

Pada Bab ini akan dibahas teori penunjang dari permasalahan, yaitu mengenai konsep sel, frekuensi reuse, mobilitas, handover, roaming, konfigurasi, dasar sistem seluler dan perkembangan sistem komunikasi bergerak.

BAB III. PERKEMBANGAN SELULAR MENUJU IMT-2000

Pada Bab ini akan dibahas tentang band-band yang dipergunakan dalam IMT-2000, spectrum IMT-2000, integrasi sistem, kebutuhan sistem, dan teknik akses dari IMT-2000.

BAB IV. IMT-2000 DILIHAT DARI SEGI TEKNISNYA

Pada Bab ini akan dibahas mengenai keunggulan dan kekurangan dari sistem IMT-2000 dibandingkan dengan sistem komunikasi wireless yang dipergunakan pada saat ini, dilihat dari segi teknologi, fasilitas layanan, dan market.

BAB V. KESIMPULAN

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!