KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMAKSIMUMKAN DAYA JANGKAU MEDIA PROMOSI DI PISMA GROUP MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Teknologi informasi telah berkembang pesat mengikuti arus era globalisasi sehingga menuntut adanya suatu perkembangan di Pisma Group untuk dapat mengembangkan promosinya sekaligus mengurangi permasalahan yang timbul karena kurangnya pemanfaatan teknologi informasi.

Promosi merupakan salah satu program di Pisma Group untuk mengenalkan produknya dan mempengaruhi konsumen agar bersedia membelinya. Usaha untuk memaksimumkan media promosi dilakukan dengan riset untuk memperoleh data seakurat mungkin. Selanjutnya data diolah dalam bentuk informasi yang dijadikan acuan untuk menentukan strategi dan taktik bersaing dengan para kompetitornya. Namun demikian, suatu perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi daya jangkau media promosi ini, karena tidak adanya suatu metode atau cara untuk mengolah data yang efektif sebagai parameter media promosi yang digunakan dan diterapkan pada perusahaan tersebut.

Linear programming adalah salah satu metode dipahami yang dapat digunakan untuk memaksimumkan daya jangkau media promosi, dimana teknik ini digunakan untuk memaksimalkan tujuan dari variabel pembatas yang dinamis tersebut dimasa yang lalu. Metode ini juga dapat digunakan untuk menganalisis kejadian di waktu yang akan datang secara matematis. Pada penerapannya kali ini, metode linear programming digunakan untuk membangun aplikasi yang berfungsi melakukan pemaksimuman daya jangkau media promosi untuk suatu produk di Pisma Group serta membantu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen Pisma Group.

Selama ini penentuan media promosi di Pisma Group dilakukan oleh manajemen secara manual dengan menggunakan standarisasi penentuan yang telah ditetapkan perusahaan. Hal ini banyak mempunyai kekurangan antara lain dalam hal efektifitas dan efisiensi waktu serta dana yang disediakan perusahaan untuk promosi suatu produk. Apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan media promosi, dimana daya jangkau dari media promosi yang dipilih tidak sesuai dengan sasaran perusahaan, maka akan merugikan perusahaan itu sendiri.

Dari uraian di atas, untuk membantu penentuan media promosi yang dihadapi oleh Pisma Group dalam mendapatkan informasi daya jangkau media promosi, perlu dilakukan pembuatan aplikasi untuk memaksimumkan daya jangkau media promosi ini. Aplikasi ini akan berbentuk sistem pendukung keputusan basis komputer dengan memanfaatkan data-data masukan yang berasal dari hasil survei di Pisma Group sebagai model penyusunan data masukan yang selanjutnya menggunakan linear programming dalam pengolahan data yang ada secara matematis, sehingga output maksimum daya jangkau media promosi dapat ditampilkan untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan selanjutnya untuk memberi keuntungan bagi perusahaan, pada masa yang akan datang.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, didapatkan suatu perumusan permasalahan sebagai berikut: ”Bagaimana membuat sistem pendukung keputusan untuk memaksimumkan daya jangkau media promosi di Pisma Group menggunakan linear programming?”

1.3 Pembatasan Masalah

Untuk lebih mengarahkan usaha pembahasan masalah yang telah ditetapkan, maka dilakukan pembatasan masalah dan asumsi masalah, yaitu :

1. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini digunakan di Pisma Group.

2. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan linear programming tanpa membandingkan dengan teknik lainnya.

3. Data yang digunakan terbatas pada hasil survei yang dilakukan di Pisma Group.

4. Sistem terbatas pada bagian promosi yaitu: memaksimumkan daya jangkau media promosi dengan menentukan media promosi dan batasan-batasannya.

5. Data-data promosi untuk periode jangka pendek masing-masing media promosi dianggap stabil.

1.4 Tujuan

Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan dari dibuatnya sistem ini adalah:

1. Membuat sistem pendukung keputusan yang dapat membantu memaksimumkan daya jangkau media promosi di Pisma Group sebagai pertimbangan untuk menentukan media promosi yang akan digunakan.

2. Membuat suatu aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan linear programming di Pisma Group.

1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini meliputi latar belakang permasalahan, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan sistematika penulisan tugas akhir.

BAB II : LANDASAN TEORI

Meliputi penjelasan singkat dari teori-teori yang berkaitan dalam penyelesaian masalah dan mendukung pembuatan sistem, antara lain daya jangkau media promosi, sistem pendukung keputusan, riset operasi, khususnya penggunaan linear programming pada daya jangkau media promosi di Pisma Group.

BAB III : PERANCANGAN SISTEM

Meliputi penjelasan tentang rangkaian langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan kegiatan tugas akhir ini serta langkah pembuatan model sistem pendukung keputusan yang diusulkan meliputi alur sistem, system flow terkomputerisasi, Data Flow Diagram (DFD), Diagram Berjenjang, Entity Relational Diagram (ERD), struktur database, serta desain masukan dan keluaran aplikasi.

BAB IV : IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

Meliputi penjelasan hasil dari pembuatan aplikasi sistem pendukung keputusan, meliputi penjelasan tentang penggunaan aplikasi per sistem

menu dan uji coba aplikasi, serta kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras dari aplikasi.

BAB V : PENUTUP

Pada bab ini berisi analisa hasil suatu sistem pendukung keputusan, kesimpulan mengenai hal-hal yang dibahas dalam bab sebelumnya serta berisi saran yang bersifat membangun bagi pengembangan selanjutnya.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!