KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

SISTEM KOMPUTERISASI SUPLIER MELATI GAMBIR ARUM BUNGA PURBALINGGA


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Permasalahan

Sekarang ini di kabupaten Purbalingga tepatnya di kecamatan Bukateja banyak terdapat supplier melati gambir yang mengirim melatinya ke pabrik-pabrik teh yang ada di kota Tegal maupun Pekalongan, seperti pabrik teh Tong tji, 2 tang, dan lain sebagainya. Para supplier tersebut mengambil melati dari para petani yang banyak terdapat di daerah tersebut. Karena jumlah petani yang diambil melatinya cukup banyak sehingga dibutuhkan sebuah system yang mampu membantu kinerja dalam pembayaran melati, pembayaran melati dilakukan selama setengah bulan sekali. Selama ini para supplier melati masih melakukan proses pembayaran secara manual dan memakan waktu yang cukup lama.

Kemajuan teknologi, khususnya di bidang komputerisasi perusahaan merupakan salah satu pemicu terjadinya perubahan pola pikir para supplier melati gambir untuk dapat memperoleh hasil yang akurat, cepat dan dapat dipercaya. Komputerisasi sebagai salah satu media teknologi komputer sangat besar manfaatnya bagi supplier melati gambir.

Di sisi lain, penghematan jumlah tenaga kerja dapat memberikan keuntungan yang besar bagi supplier melati gambir tersebut. Selain itu juga dapat mempercepat kinerja pada saat pembayaran melati tersebut.

Oleh karena itu maka penelitian Tugas Mandiri & Seminar ini diberi judul “Sistem Komputerisasi Suplier Melati Gambir UD Arum Bunga Purbalingga” yang merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah diatas. Sistem komputerisasi ini diharapkan dapat membantu kinerja dari supplier melati gambir tersebut.

1.2. Rumusan Masalah

Dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini maka bukanlah hal yang luar biasa kalau sebuah supplier melati gambir mencoba untuk meningkatkan kinerjanya dengan system komputerisasi. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimana mempercepat proses pembayaran petani yang jumlahnya cukup banyak.

2. Bagaimana membuat komputer mampu melakukan proses pembayan yang akurat dan cepat.

1.3. Batasan Masalah

Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam, penulis membatasi pembahasan di dalam tugas mandiri ini hanya pada pengembangan system komputerisasi di suplier melati gambir , mencakup setoran melati petani selama setengah bulan yang akan otomatis terjumlah untuk kemudian dikalikan dengan harga melati. Harga melati ini sifatnya fleksibel, jadi sewaktu-waktu dapat diubah. Selain itu juga ada beberapa fasilitas lain yang diharapkan dapat mempermudah kinerja dari supplier melati gambir tersebut. System komputerisasi ini dibuat dengan menggunakan Delphi.

1.4. Tujuan Tugas Mandiri

Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

a. Untuk melatih kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data agar dapat memberikan suatu gambaran yang lebih berguna dan berarti bagi para pengguna.

2. Tujuan Khusus

a. Sebagai salah satu prasyarat untuk kelengkapan kurikulum bagi mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di Institut Sains dan Teknologi Akprind Jogjakarta.

b. Sebagai prasyarat untuk menuju ke jenjang berikutnya yaitu untuk melaksanakan Tugas Akhir / Skripsi yang telah ditetapkan oleh Institut Sains dan Teknologi Akprind Jogjakarta.

1.5. Manfaat Tugas Mandiri

Manfaat yang diharapkan dari hasil tugas mandiri ini adalah :

1. Bagi Mahasiswa

a. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar lingkungan kampus yang berhubungan dengan program studi yang dipilih.

b. Untuk memperoleh gambaran mengenai bagaimana membuat atau mengimplementasikan suatu masalah menjadi sebuah sistem yang baik.

2. Bagi Almamater

a. Sebagai bahan evaluasi di bidang akademik untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

b. Sebagai barometer untuk mengukur sejauh mana daya serap mahasiswa di dalam menerima dan menerapkan teori yang sudah diperoleh selama di bangku kuliah.

1.5. Metode Penelitian

Metode penelitian yang dilakukan meliputi beberapa metode, yakni:

1. Data Primer

Dengan secara langsung mengambil beberapa sumber dengan menggunakan metode:

a. Metode Wawancara / Interview

Metode pengumpulan data dengan melakukan pertanyaan terhadap sumber-sumber yang mengetahui informasi seputar suplier melati gambir.

b. Metode Pengamatan / Observasi

Metode pengambilan data dengan mengamati kinerja pada perusahaan.

2. Data Sekunder

a. Studi Kepustakaan / Literatur

1. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mempelajari pustaka atau literatur, dokumentasi dan gambar-gambar yang berhubungan dengan yang diteliti.

2. Mencari sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!