KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

Sistem Administrasi Rental Game Center


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dunia Informasi pada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, terbukti dengan banyak munculnya aplikasi yang berguna untuk membantu menganani permasalahan sehari-hari baik dalam dunia bisnis maupun dalam dunia kerja lainnya. Belakangan ini banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi yang cukup menghibur khususnya bagi anak-anak dan remaja, yang tiada lain adalah aplikasi permainan. Aplikasi permainan yang muncul saat ini bermacam-macam jenisnya ada aplikasi permainan yang mendukung On Line, Off Line dan ada juga yang mendukung kedua-duanya. Dari perkembangan aplikasi permainan diatas banyak para pengusaha yang mencari peruntungan dengan membuka usaha Game Center.

Sniper adalah salah satu game center yang menjalankan usahanya di jl. Diponegoro 17, Ponorogo. Game Center ini telah menjalankan usahanya kurang lebih selama 5 tahun. Segala perkembangan terbaru baik dari aplikasi-aplikasi pemainan atupun teknologi telah diterapkan guna untuk mendukung usahanya tersebut. Kurang lebih 4 bulan terakhir ini pihak sniper telah menerapkan layanan On Line pada usahanya. Banyak sekali tanggapan baik dari para pelanggannya.

Namun keironisan muncul pada Game Center Sniper ini, yaitu dalam menjalankan usahanya ini, pihak Sniper masih menggunakan cara manual dalam penghitungan tagihan. Dan karena terdapat dua layanan pada Game Center Sniper tersebut yaitu On Line dan Off Line, banyak para pelanggan yang sering berganti-ganti layanan sehingga para pelanggan tersebut harus melakukan konfirmasi ke pihak pemilik, yang selanjutnya pihak pemilik akan membuatkan tagihan baru untuk layanan yang akan digunakan.

Setelah mengetahui permasalahan diatas maka dipikir perlu membantu pihak Game Center Sniper dalam mengembangkan Sistem Administrasi Rental Game Center. Dengan demikian diharapkan pihak Sniper dapat menjalankan usahanya dengan lebih efisien kedepannya.

1.2 Rumusan Masalah

Dapat diambil rumusan dari permasalahan yang terjadi adalah bagaimana membangun Sistem Administrasi Rental Game Center untuk meningkatkan layanan pada Game Center Sniper Ponorogo dengan menggunakan Delphi 7.0 & MySQL 5.0.

1.3 Batasan Masalah

Batasan dalam pemecahan masalah diatas adalah akan membahas pembangunan aplikasi billing dengan mengembangkan tiga layanan berbeda yaitu diantaranya On Line, Off Line dan Member. Serta terdapat fitur untuk pengembangan ke usaha Cafe.

1.4 Maksud & Tujuan

Adapun maksud dan tujuan yang dapat diambil dari tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

1.4.1.Maksud penulisan

1. Bagi Penulis.

Selain untuk menerapan teori-teori yang sudah didapatkan selama kuliah terhadap masalah-masalah yang ada dilapangan juga sebagai latihan dalam mencari solusi dari suatu permasalahan, dan juga menambah wawasan dalam membangun aplikasi client/server.

2. Bagi Perguruan Tinggi.

Hasil dari penyusunan Tugas akhir ini diharapkan berguna bagi Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, yaitu sebagai referensi bagi pihak yang berkepentingan dan menambah koleksi bacaan ilmiah pada perpustakaan.

3. Bagi Instansi.

Sebagai bahan pertimbangan yang dapat dipergunakan oleh Game Center Sniper Ponorogo untuk mengadakan perubahan dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi. Serta untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi sekarang maupun untuk masa yang akan datang.

1.4.2.Tujuan penulisan

Adapun tujuan penulis dalam menyusun studi kajian ini adalah sebagai berikut :

1. Tujuan institusional

Memenuhi salah satu persyaratan kelulusan jenjang Strata-1, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang.

2. Tujuan pokok

Adapun tujuan pokok dari Tugas Akhir ini adalah membangun Sistem Administrasi Rental Game Center untuk meningkatkan layanan pada Game Center Sniper Ponorogo.

1.5 Metodologi Penulisan

1. Penelitian Langsung

Dilakukan untuk mendapatkan gambaran sebenarnya tentang kegiatan pada Game Center Sniper. Dalam penelitian langsung ini dilakukan pengamatan antara lain:

a) Pengamatan Langsung (Observasi)

Pengamatan kegiatan-kegiatan usaha yang sedang dilakukan saat itu oleh pihak Game Center Sniper.

b) Wawancara (Interview)

Dilakukan melalui komunikasi langsung dengan pemilik Game Center Sniper tentang permasalahan yang terjadi dan usulan solusi pemecahan masalah.

2. Metode Eksperimental

Merupakan riset dengan cara pembuatan dan pengujian program aplikasi dengan melalui tester yang dipilih secara acak.

1.6 Sistematika Penulisan

BAB I : PENDAHULUAN

Menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan serta yang dipergunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini.

BAB II : LANDASAN TEORI

Menguraikan tentang sekilas teori-teori yang berkaitan dengan pembangunan sistem informasi administrasi pada game center ini selain itu pada bab ini juga terdapat kajian-kajian teoritis lainnya yang sesuai dengan tema dari Tugas Akhir ini.

BAB III : ANALISA & DESAIN

Berisikan tentang analisa permasalahan, pemecahan solusi serta pembahasan tentang desain sistem. Selain itu pada bab ini membahas juga tentang kebutuhan yang diperlukan oleh sistem.

BAB IV : IMPLEMENTASI

Dalam bab ini penjelasan akan mengacu pada pembangunan sebuah aplikasi yaitu sebagai wujud dari perancangan sistem. Implementasi ini bergantung pada hasil desain yaitu pada bab sebelumnya.

BAB V : PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan dan saran dari hasil penulisan Tugas Akhir ini yaitu tentang mendesain sistem informasi pada Game Center Sniper.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!