KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

PC Clonning Melalui Port USB Dengan Menggunakan Software BeTwin


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sebuah sistem yang menyerupai dan membolehkan lebih dari satu pemakai komputer (maksimal penambahan sesuai dengan adanya slot PCI dan port USB yang belum digunakan dalam pemakainnya) untuk menjalankan sistem operasi secara bersamaan dan berdiri sendiri dengan komputer lain (server), sistem seperti ini disebut PC Cloning. Dengan mengklonning PC, maka dari sebuah PC client yang rendah menjadi serupa dengan PC server yang digunakan (menjadi meningkat pada PC client).

PC Clonning merupakan suatu bentuk efisiensi dalam penggunaan software dan hardware. Software hanya diinstal di server, kemudian diklon untuk penggunaan bersama beberapa station (client) dalam satu PC, bahkan untuk program aplikasi besar seperti CorelDraw, AutoCAD, Photoshop, juga dapat untuk akses ke Internet secara bersama-sama tanpa mensetting proxy. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer.

Dalam penggunaan PC Clonning dapat menghemat hardware dalam berbagai hal, sehingga para user dapat memakai sebuah komputer hanya dengan adanya monitor, keyboard USB, dan mouse USB dalam satu PC, yang dapat menyerupai komputer yang peralatannya lengkap dengan CPU. Untuk melakukan klonning terhadap PC, diperlukan software yang dapat mengatur penggunaan sumber daya komputer. BeTwin merupakan software yang mampu melakukan klonning ini dengan mudah dalam menjalankannya. BeTwin memungkinkan pemakaian sistem operasi Windows 98, Windows Millenium Edition, Windows 2000 dan Windows XP secara bersamaan dalam satu CPU untuk beberapa pemakai sekaligus.

1.2 Permasalahan

Dalam pembuatan proyek tugas akhir ini adalah bagaimana cara menginstal software dan hardware pada sebuah PC Clonning yang dalam 1 PC dapat menjadi 2 komputer, dengan penambahannya hanya sebuah software dan hardware dalam menggunakannya.

1.3 Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan tugas akhir ini adalah :

- Memanfaatkan port USB sebagai interface dalam membagi 1 PC menjadi 2 komputer yang dipakai pada server dan client.

- Dalam pembuatan PC Clonning melalui port USB ini digunakan untuk melaksanakan pembuatan proyek tugas akhir.

- Dengan menggunakan software BeTwin dapat mengatur suatu sistem komputer server dan client pada sebuah PC dalam proyek tugas akhir ini.

1.4 Metode Penelitian

Penyusunan dan penulisan tugas akhir ini dilakukan dengan metode penelitian sebagai berikut :

1. Studi pustaka, dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber referensi yang meliputi bahan-bahan dalam menunjang tugas akhir.

2. Analisis dan eksperimen dalam pembuatan PC Clonning melalui port USB memakai Software BeTwin, yang sistem pengoperasiannya dengan menggunakan Windows 2000.

3. Implementasi, ini dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas Laboratorium Akademik, untuk melakukan pelatihan dan praktek berdasarkan teori dari berbagai macam sumber.

1.5 Manfaat

Manfaat dari penulisan dalam tugas akhir ini yaitu dengan sistem klonning dapat mengurangi biaya penambahan station komputer, sehingga akan mengurangi investasi dan memudahkan perawatan sistem operasi. Bahkan disetiap user dapat surfing di internet, akses website yang berbeda-beda melalui satu jaringan LAN, modem dan satu line telepon.

1.6 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah sebagi berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini akan dibahas mengenai latar belakang, permasalahan, tujuan, metode penelitian, manfaat dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab ini membahas mengenai perkembangan teknologi pada sebuah PC komputer, teknologi PC Clonning, port USB, software BeTwin, dan penambahan software serta hardware.

BAB III : ANALISIS DAN PERANCANGAN PADA PC CLONNING

Dalam bab ini membahas mengenai analisis, perancangan, implementasi, pengujian, spesifikasi software dan hardware pada PC Clonning, pemakaian BeTwin pada Windows 2000, dan membagi koneksi internet.

BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini menjelaskan mengenai kesimpulan dari hasil penulisan tugas akhir ini disertai saran-saran yang berguna untuk masyarakat luas di kemudian hari.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!