KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

implementasi routing yang menggunakan standarisasi H.323 yaitu open H.323 gatekeeper


BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

Jaringan komputer dan internet telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi ini mampu menyambungkan hampir semua komputer yang ada di dunia sehingga bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat ditukar berupa data teks, gambar, gambar bergerak dan suara.

Perkembangan teknologi tersebut telah membawa bisnis Telephony memasuki era baru yang menawarkan penyatuan seluruh komunikasi yang bersifat multimedia dan disalurkan melalui Internet Perkembangan selanjutnya dari Internet ialah munculnya konsep yang dikenal dengan istilah Internet Telephony. Konsep IP ini memungkinkan penggabungan seluruh aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan yang ada dalam Internet dan Telephony, sehingga konsep ini diperkirakan pada masa yang akan datang akan dipakai secara luas, digabungkan dengan infrastruktur Telephony yang sudah ada dan dapat diprekdisikan

Kemampuan untuk melakukan komunikasi suara melalui Protokol Internet secara umum dikenal dengan istilah “ Suara diatas Protokol Internet”, “IP Telephony”, “Voice over IP” atau VoIP dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan hubungan telepon – dan semua kemampuan lainnya yang bisa dilakukan oleh jaringan telepon publik – dan mengirimkan faksimili diatas jaringan berbasis IP dengan kualitas layanan yang memadai.

Perkembangan VoIP tersebut telah memacu revolusi dalam industri telekomunikasi. Untuk itu dalam implementasi telepon berbasis IP ini yang diterapkan dalam suatu jaringan lokal dibutuhkan suatu pengaturan dalam penyampaian datagram di jaringan IP yang dikenal dengan istilah routing. Pengaturan routing dapat menentukan kinerja dari suatu jaringan, dimana apabila suatu jaringan intranet membutuhkan suatu kebijakan dalam pembagian alokasi bandwith maupun otorisasi penggunaan komputer.

Karena itu dalam Tugas Akhir ini dirancang implementasi routing yang menggunakan standarisasi H.323 yaitu open H.323 gatekeeper atau dikenal dengan GnuGk dengan menggunakan siproxd yang merupakan salah server dari SIP sebagai protokol VoIP lainnya.

1.2.Tujuan

Tujuan dari tugas akhir ini dapat merancang, merumuskan dan mengimplementasikan mesin routing untuk IP Telephony dengan menggunakan GNU Gatekeeper (GnuGk) tanpa mengganggu otorisasi pengguna jaringan.

1.3.Pembatasan Masalah

Pada Tugas Akhir ini dirancang implementasi routing yang menggunakan standarisasi H.323 yaitu open H.323 gatekeeper atau dikenal dengan GnuGk dengan berbasis sistem operasi linux. Agar tidak menyimpang jauh dari permasalahan, maka Tugas Akhir ini mempunyai pembatasan masalah sebagai berikut :

1. Pemasangan dan konfigurasi gatekeeper yang digunakan adalah GNU gatekeeper.

2. Ruang lingkup penelitian hanya sebatas jaringan komputer lokal.

3. Sistem operasi pada gatekeeper menggunakan linux ubuntu versi 5.04 dan endpoint dengan Microsoft Windows 2000/XP dengan software NetMeetingTM.

4. Sistem VoIP yang dibahas merupakan suatu jaringan gatekeeper, yang tidak terhubung ke jaringan Telkom PSTN.

5. Proses komunikasi dilakukan secara point to point bukan multipoint.

6. Tidak membahas proses dari kompresi suara yang ada pada endpoint.

7. Sebagai pembanding kinerja jaringan gatekeeper, digunakan protokol VoIP lainnya yaitu SIP dalam tugas akhir ini digunakan siproxd..

8. Monitoring trafik jaringan digunakan MRTG (Multi-Router Traffic Grapher) yang berbasis html.

1.4.Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan ini dapat disajikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi tentang latar belakang, tujuan yang akan dicapai, pembatasan masalah dan sistematika penulisan laporan Tugas Akhir.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini akan dibahas konsep routing, Teknologi VoIP secara umum, protokol dan gateway H.323 beserta komponennya. H.323 sebagai salah satu standar VoIP Skenario dan cara kerja GNU Gatekeeper, sebagai perbandingan diakhiri dengan deskripsi protokol VoIP lainnya yaitu SIP.

BAB III PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Memaparkan mengenai perancangan mulai dari desain jaringan komputer yang diterapkan untuk implementasi. Konfigurasi file pada GNU gatekeeper. Penerapan protokol SIP (siproxd) untuk dibandingkan dengan kinerja H.323.

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISIS

Pada bab ini berisikan analisis dari perancangan sistem dengan menggunakan beberapa gatekeeper sebagai pengujian dan perubahan struktur jaringan. Pengujian pada proses terjadi komunikasi, monitoring trafik dengan MRTG baik pada jaringan gatekeeper maupun SIP. Perbandingan TCP dan UDP sebagai transpor layer pada VoIP.

BAB V PENUTUP

Berisi kesimpulan mengenai mengenai pengujian hasil implementasi GNU gatekeeper dan siproxd, serta berisi saran untuk pengembangan dan penelitian lebih lanjut.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!