KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN UMUM PEGADAIAN CABANG PANDAAN


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang

Dalam era globalisasi dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa sangat pesat, sehingga menawarkan banyak sekali kemudahan-kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya, baik berupa pekerjaan ringan dalam rumah tangga maupun pekerjaan rumit dalam dunia industri/perusahaan, sehingga pada akhirnya seolah-olah kita dimanjakan oleh teknologi tersebut.

Kehadiran teknologi ini dimaksudkan untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan efisien, efektivitas dan kepresisian yang lebih tinggi. Dan ketika teknologi komputer telah merajai di berbagai bidang usaha, hal ini yang menjadi dasar penerapan dalam sebuah aplikasi nyata penggunaan media komunikasi dan pengalohan data pada perusahaan umum pegadaian di kantor cabang Pandaan Pasuruan.

Sementara ini perusahaan umum pegadaian cabang Pandaan telah menggunakan komputerisasi, namun karena sumber daya yang tidak memadai sehingga sering terjadi kesalahan dalam mengaplikasikan program yang ada. Untuk itu diperlukan upaya dalam memperbaiki program serta mengembangkan sumber daya manusia yang ada.

Dan dikarenakan luasnya usaha yang ada di perusahaan umum pegadaian maka akan kami fokuskan pada usaha utama pegadaian saja sehingga tema yang diangkat adalah “Sistem Informasi Perusahaan Pegadaian Cabang Pandaan” yang akan meliputi informasi data nasabah, data petugas, data sewa modal, data barang dan data gudang.

1.2. Rumusan masalah

Program yang ada di perusahaan umum pegadaian Pandaan memerlukan perbaikan. Perbaikan-perbaikan tersebut meliputi informasi data nasabah, data petugas, data sewa modal, data barang dan data gudang yang baik antara lain:

1. Di perusahaan umum pegadaian terdapat kekurangan dalam melaksanakan penghitungan transaksi sehari-hari karena masih menggunakan Microsoft Excel dalam penglahan data.

2. Merancang/mendesain program aplikasi yang aplikatif yang lebih tepat serta kekhususan dalam pengolahan informasi ataupun transaksi sehari-hari.

3. Mengaplikasikan sistem informasi tersebut dalam pengolahan informasi ataupun transaksi sehari-hari.

1.3. Tujuan

Setiap kali dalam melakukan satu hal pasti memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai melalui apa yang di namakan dengan target. Demikian juga skripsi ini memiliki satu atau beberapa tujuan yang nantinya ingin dicapai. Tujuan-tujuan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Membangun sistem pengolahan data yang berbasis DBMS (Database Management System) yang efektif, efisien serta kepresisian yang tinggi di perusahaan umum pegadaian cabang Pandaan.

2. Meminimalkan segala bentuk kesalahan (Human Error) sehingga mampu meningkatkan efektivitas serta efisisensi proses pengolahan data.

1.4. Manfaat penelitian

Pada dasarnya manfaat penelitian ini akan sangat berguna bagi diri pribadi peneliti, hal ini merupakan pengalaman yang tak ternilai harganya. Namun di samping itu juga penelitian ini juga akan berguna bagi perusahaan umum pegadaian dalam menjalankan transaksi yang selanjutnya. Dan manfaatnya sebagai berikut :

1. Penulis: adalah merupakan pengembangan diri sekaligus penerapan materi yang telah diperoleh selama perkuliahan.

2. Perusahaan umum Pegadaian: adalah membua sistem pengolahan data yang kuat, efektif dan efisien serta tingkat kepresisian yang tinggi untuk operasional sehari-hari. Merupakan salah satu upaya perusahaan umum pegadaian agar mampu bertahan sebagai perusahaan umum milik negara yang mandiri dan mampu bersaing dengan badan keuangan lainnya misalnya bank.

3. Universitas: adalah merupakan penambahan khasanah keilmuan dan studi banding bagi mahasiswa dimasa yang akan datang.

1.5. Batasan masalah

Batasan masalah adalah merupakan garis pembatas yang akan di kerjakan agar tetap terfokus dengan jelas sehingga sesuai yang diharapkan dan agar tidak terjadi penyimpangan ataupun perbedaan sudut pendang yang ada. Batasan masalah yang kami maksudkan sebagai berikut :

1. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman delphi 6.0.

2. Sistem informasi yang dibangun ini difokuskan pada proses transaksi pengajuan kredit berdasarkan hukum gadai yang meliputi informasi data nasabah, data petugas, data barang dan data transaksi.

3. Nilai taksir suatu barang dianggap sebagai nominal masukan dalam proses pengajuan kredit tersebut.

1.6. Sistematika penulisan

Sistematika penulisan merupakan tata cara serta bentuk struktural penulisan yang baik dan benar sesuai dengan acuan yang ada, dari metode penulisan ini dapat di lihat sejauh mana bobot dan isi kandungannya. Untuk proposal yang ada ini, metode penulisannya sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Berisi pendahuluan yang di dalamnya memuat tentang latar belakang permasalahan serta di batasi oleh batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian hingga sistematika pemecahan masalah.

BAB II LANDASAN TEORI

Merupakan teori dasar acuan sebagai penunjang untuk menjelaskan tentang sistem informasi pengolahan data perusahaan umum pegadaian cabang pandaan

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN KOMPUTERISASI sistem informasi pengolahan data perusahaan umum pegadaian cabang pandaan

Menjelaskan tentang perencanaan penggunaan software serta menganalisa dan merencanakan secara terperinci dan sistematis dalam mencari pemecahannya

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA

Mengimplementasikan model sistem komputerisasi pada perusahaan umum pegadaian cabang pandaan.

BAB V KESIMPULAN

Merupakan kesimpulan sebagai alternatif yang di sodorkan, berisi tentang kesimpulan dan saran dalam upaya penyempurnaan sistem yang telah dibuat.

BAB VI penutup

Merupakan kesimpulan sebagai alternative pemecahan yang akan tersaji dalam bentuk kesimpulan, saran dan kritik dalam upaya penyempurnaan sistem yang telah dibuat.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 


CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!