KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka tuntutan didalam memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat pada perusahaan, rumah sakit, yayasan pendidikan dan instansi pemerintah sudah dan harus menerapkan sistem komputerisasi sebagai sarana utama dalam menangani kendala-kendala yang dihadapi dalam pekerjaan. Semakin tinggi tingkat ketelitian dalam pengolahan data suatu perusahaan/instansi, semakin tinggi pula tingkat keefisienan dan keefektifan informasi yang dihasilkan.

Berbagai aplikasi komputer saat ini bermunculan, mulai dari aplikasi yang mempermudah dalam hal perhitungan sampai aplikasi yang menyediakan sarana pengolahan data. Aplikasi-aplikasi ini semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mempermudah pekerjaan setiap pengguna komputer. Tak dapat dipungkiri kegunaan komputer sangat diperlukan oleh setiap orang dalam setiap aspek kehidupan manusia. Komputer bukanlah hal yang asing bagi semua orang saat ini. Kemudahan yang diberikan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakan komputer menuntut setiap orang untuk dapat menggunakan komputer. Kemajuan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pengembangan teknologi dan informasi merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dunia saat ini sebagian besar dari masyarakat dunia ini sudah tentu tidak ingin ketinggalan teknologi dan informasi.

Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Bengkulu setiap tahun menerima mahasiswa baru namun selama ini pengelolaan data mahasiswa masih bersifat manual dan data mahasiswa tersebut baru dikelola dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsof Excel, Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat sebuah sistem komputerisasi dalam penyajian informasi akademik.

Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu pihak lembaga dalam penyajian dan pemberian informasi yang diperlukan, maka penulis akan membahas suatu sistem informasi pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu dengan judul “Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu”.

1.2. Maksud dan Tujuan

Tujuan utama diadakannya serta dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang serta mengimplementasikan suatu sistem berbasis komputer pada yang gunanya untuk mempermudah dalam memperlanjar kegiatan-kegiatan di dalam pengolahan data mahasiswa.

Secara khusus dilakukannya penelitian ini bertujuan antara lain :

1. Membangun sistem untuk menggantikan sistem yang berjalan pada saat ini.

2. Mempermudah dalam hal pengolahan data mahasiswa.

3. Mempermudah pencarian data dan penyajian informasi yang diperlukan.

4. Memberikan informasi dan laporan yang cepat kepada pimpinan dan pihak yang membutuhkan.

5. Sebagai masukan bagi Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

1.3. Identifikasi Masalah

Proses penginputan dan pengolahan data mahasiswa pada Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LP2M) El Rahma Bengkulu masih dilakukan secara manual. Hal ini membuat proses pengolahan data memerlukan waktu yang lama. Tidak hanya penggunaan waktu yang tidak efisien, kendala-kendala yang dihadapi pun masih menghambat pengolahan data seperti duplikasi data atau kesulitan saat terjadi perbaikan kesalahan.

Sesuai dengan penjelasan dan uraian pada sub-bab latar belakang, maka penulis menentukan identifikasi masalah sebagai berikut

1. Bagaimana cara pengolahan data sehingga menghasilkan suatu informasi yang akurat.

2. Bagaimana menyampaikan informasi agar mudah diterima dan dipahami pengguna informasi.


1.4. Pembatasan Masalah

Agar pembahasan lebih terarah dan sesuai dengan judul dan apa yang sudah diuraikan pada sub-sub latar belakang, maka ruang lingkup/batasan masalah perlu ditentukan. Adapun batasan masalah yang dibahas pada skripsi ini meliputi : data mahasiswa, data dosen/instruktur, data mata kuliah, kalender akademik dan data jurusan.

1.5. Metodologi Penelitian.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai metode penelitian yang dilakukan penulis, yaitu tahapan-tahapan yang dilalui oleh penulis mulai dari perumusan masalah sampai pada kesimpulan yang membentuk suatu alur yang sistematis. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis antara lain :

1. Studi Lapangan

Merupakan metode yang dilakukan dengan mengadakan studi langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data yaitu peninjauan langsung ke lokasi studi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah:

a. Pengamatan (Observasi)

Pencarian data di lakukan secara langsung atau berhubungan dengan objek yang diteliti oleh penulis. Merupakan salah satu metode pengumpulan data yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem.

b. Wawancara (Interview)

Teknik ini secara langsung bertatap muka dan melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak atau staf yang mempunyai wewenang atas data yang diperlukan penulis.

2. Studi Kepustakaan.

Studi kepustakaan dilakukan untuk mendapat data agar permasalahan dapat diselesaikan secara teoritis, menunjang data-data yang telah diperoleh dari metode lapangan serta menguatkan pendapat dalam menganalisa hasil penelitian lapangan sehingga permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik.

1.6. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan skripsi ini terdiri dari 5 bab yang masing-masing dirinci dalam beberapa sub bab yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang, maksud dan tujuan, identifikasi masalah, pembatasan masalah, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II TINJAUAN TEORITIS

Bab ini menjelaskan tentang pengertian sistem dan perancangan sistem, data base dan pengantar visual basic.

BAB III PEMBAHASAN PERMASALAHAN

Bab ini menjelaskan tentang permasalahan yang akan dibahas, metode penyelesaian masalah, data yang dikumpulkan dan prosedur penyusunan program.

BAB IV PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

Bab ini menjelaskan tentang Perancangan sistem, Perancangan database, perancangan struktur menu, algoritma, implemensai sistem dan demontrasi program.

BAB V PENUTUP

Bab isi berisi tentang kesimpulan dan saran dari penulisan skripsi ini.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!