KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI JADWAL SHALAT DAN ARAH KIBLAT BERBASIS SMS


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang begitu cepat diberbagai bidang termasuk dibidang telekomunikasi, memungkinkan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain kapan saja, dimana saja, walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh. Pada dekade sekarang ini ada beberapa media transmisi yang dipakai dalam bidang telekomunikasi yaitu menggunakan kabel, maupun tanpa kabel (nir kabel).

Telepon seluler (ponsel) merupakan suatu contoh kemajuan dibidang telekomunikasi dengan menggunakan media transmisi tanpa kabel. Dengan menjamurnya pengguna ponsel dimana-mana, dapat dikatakan ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Selain digunakan untuk komunikasi suara dengan lawan bicara, ponsel juga memiliki kemampuan lain yaitu dapat digunakan untuk mengirim pesan teks yang lebih populer dengan nama SMS (Short Message Service).

Dengan semakin banyaknya penggunaan ponsel untuk berkirim SMS, kemudian muncul gagasan untuk membuat layanan berbasis SMS sepeti info valas, harga saham, transaksi perbankan, kuis , polling , dan lain-lain.

Layanan berbasis SMS lainnya yang tidak kalah banyak diminati masyarakat yaitu layanan yang berhubungan dengan keagamaan dan ibadah. Sebagaimana kita ketahui misalnya SMS siraman rohani, tanya jawab seputar agama, infaq dan shadaqah, dan lain-lain.

Shalat wajib lima waktu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan sebaik mungkin sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, sesuai dengan arahan dan tuntunan Al Qur’an dan Al Hadist.

Layanan yang memberikan informasi jadwal shalat dan arah kiblat merupakan hal penting untuk membantu melaksanakan ibadah tersebut, seiring dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat akan fasilitas-fasilitas untuk menunaikan ibadah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Dengan adanya teknologi SMS dan semakin terjangkaunya harga ponsel, hanya diperlukan sebuah sistem terpusat berupa database server menggunakan personal computer yang terhubung ke sebuah terminal baik berupa GSM modem atau cukup dengan ponsel biasa untuk mengatur layanan berbasis SMS kepada pengguna.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dapat mengidentifikasikan permasalahan bahwa layanan informasi yang berorientasi mengutamakan kepuasan pemakai tidak lepas dari hal-hal berikut :

1. Kecepatan

Informasi harus dapat diakses dengan cepat (real time)

2. Kemudahan

Informasi harus dapat diakses dengan mudah, kapan saja dan dimana saja

3. Keakuratan

Informasi harus akurat

4. Biaya yang relatif murah

Informasi harus didapatkan dengan biaya semurah mungkin dan tetap menjaga kualitas informasi

Untuk mewujudkan keempat hal di atas tentu memerlukan inovasi dan kreatifitas bagi pihak yang memberikan layanan. Salah satu inovasi dan kreativitas yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi SMS.

1.3 Batasan Masalah

Untuk memfokuskan penelitian yang dilakukan mengenai teknologi SMS ini, maka pembahasannya dibatasi pada beberapa permasalahan sebagai berikut:

1. Ruang lingkup penulisan tugas akhir ini mengenai implementasi teknologi SMS sebagai pemberi layanan informasi waktu shalat lima waktu dan arah kiblat pada beberapa kota tertentu.

2. Layanan mencakup: informasi shalat lima waktu berdasarkan kota, bulan dan tanggal dan informasi arah kiblat. Layanan tersebut hanya diperuntukan untuk kota-kota tertentu.

3. Implementasi teknologi SMS ini dilakukan pada komputer stand alone atau Personal Computer (PC) dengan menggunakan Sistem Operasi Windows XP dan menggunakan ponsel NOKIA 3200.

4. Jadwal shalat yang menjadi acuan adalah jadwal shalat wajib (lima waktu) abadi untuk DKI Jakarta. Setiap penyebutan jadwal shalat pada tugas akhir ini berarti jadwal shalat tersebut adalah jadwal shalat wajib lima waktu, yaitu shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya.

1.4 Maksud dan Tujuan

Maksud penulis membahas teknologi SMS ini agar penulis dapat memahami dengan baik tentang teknologi SMS, serta lebih mengerti manfaat, kegunaannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya adalah mengimplementasikan sebuah teknologi SMS untuk dapat digunakan sebagai layanan publik, dalam hal ini adalah layanan informasi jadwal shalat dan arah kiblat.

1.5 Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Observasi yaitu dengan melakukan surfing diinternet. Setelah menemukan suatu permasalahan yang tepat, dilakukan studi pustaka dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

2. Preliminary Define yaitu mengenai pendefinisian berbagai perangkat hardware dan software yang diguanakan dalam tugas akhir ini.

3. Installing yaitu dengan melakukan instalasi beberapa software pendukung.

4. Coding and Testing yaitu melakukan pengkodean dan pengetesan yang dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 yang akan dihubungkan ke database.

5. Maintenance yaitu pemeliharaan software yang dibuat, jika masih ada kelemahan maka akan dilakukan kembali analisia, design, coding dan testing ulang, sampai ditemukan jalan keluarnya.

1.6 Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam memahami laporan ini, maka susunan penulisan tugas akhir ini akan mengikuti sistematika berikut :

Bab I Pendahuluan

Menjelaskan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian dan sistematika penelitian.

Bab II Landasan Teori

Menjelaskan tentang teori-teori atau tinjauan pustaka yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

Bab III Analisis dan Perancangan

Menjelaskan tentang analisis dan perancangan program.

Bab IV Implementasi dan Pembahasan

Menjelaskan tentang implementasi, simulasi perangkat lunak serta penjelasannya.

Bab V Kesimpulan dan Saran

Berisi kesimpulan dari seluruh pembahasan, serta saran-saran yang menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan dan perbaikan dikemudian hari.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!