KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) PENGEMBANGAN SISTEM JARINGAN LOKAL BERBASIS WINDOWS 2000 SERVER PADA SMP 13 JAKARTA


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kemajuan program perangkat lunak komputer (software) pada saat sekarang ini sangat pesat, handal dan canggih, akan tetapi juga menuntut kemajuan perangkat keras komputer (hardware) yang cepat dan baik pula. Penerapan komputer sangat dirasakan manfaatnya dan makin dibutuhkan baik dalam kalangan dunia pendidikan maupun dunia bisnis, hal ini dikarenakan oleh semakin banyaknya pengguna komputer sebagai media informasi dan komunikasi data. Perkembangan komputer dan perangkat pendukungnya yang berupa perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) mengalami perkembangan yang sangat cepat dan canggih, baik untuk pemakaian sendiri (single-user) maupun pemakaian bersama-sama atau kelompok (multi-user) yang membentuk sebuah jaringan kerja (network).

Jaringan kerja komputer dapat dibagi atas dua kelompok utama yaitu : LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal, adalah beberapa komputer yang saling terhubung di dalam area tertentu. Semua komputer LAN dapat saling berhubungan dan mengakses sumber-sumber daya yang ada pada komputer lain, dan WAN (Wide Area Network) atau jaringan komputer seluruh daerah adalah jaringan komputer yang diperluas ke seluruh area yang memungkinkan untuk dijangkau. Tetapi yang akan penulis bahas disini adalah LAN. SLTP 13 Jakarta telah dilengkapi jaringan LAN menggunakan sistem operasi jaringan Novell. Sistem opearsi jaringan Novell mempunyai beberapa kekurangan antara lain penggunaan software yang terbatas dan tampilan layar yang masih berbentuk teks. Keterbatasan yang terdapat pada sistem operasi jaringan Novell dapat diganti dengan sistem operasi jaringan yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan hardware, salah satunya Sistem Operasi Windows 2000 Server. Oleh karena itu, maka penulis mengambil judul sebagai bahan skripsi yaitu “Pengembangan Sistem Jaringan Lokal Berbasis Windows 2000 Server di SLTP 13 Jakarta”.

B. Identifikasi Masalah

Adapun masalah-masalah pada sistem operasi Novell Netware Server adalah sebagai berikut :

1. Tampilan layar masih berbentuk teks.

2. Penggunaan software aplikasi terbatas.

3. Pemodelan jenis topologi tertentu karena menggunakan jenis kabel coaxial.

C. Batasan Masalah

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membatasi permasalahan pada pengembangan sistem jaringan lokal berbasis windows 2000 server dalam hal penginstallan, implementasi dan konfigurasi jaringannya.

D. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian adalah :

1. Untuk merancang jaringan lokal yang sesuai dengan karakteristik arsitektur logik dan fisik yang diusulkan.

2. Prosedur instalasi microsoft windows 2000 server yang tepat untuk mengatasi permasalahan hardware dan software yang up to date.

3. Menjelaskan penggunaan sistem jaringan LAN (Local Area Network).

4. Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta jurusan Manajemen Informatika.

E. Metodologi Penelitian

Dalam suatu penelitian diperlukan metode-metode dan prosedur yang menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, yang mencakup cara pengumpulan data dan analisa data.

Pada kesempatan ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu :

1. Studi Pustaka

Data diperoleh melalui buku-buku literatur yang berhubungan dengan maslah yang akan diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis.

2. Uji coba

Yaitu pengambilan data dengan melakukan praktek langsung pada komputer jaringan.

3. Observasi

Yaitu dengan cara pengamatan langsung di SMP Negeri 13 Jakarta Selatan

4. Wawancara

Yaitu dengan mengadakan tanya-jawab langsung dengan pihak-pihak terkait.

F. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan dalam penyusunan skripsi ini terdiri dari 5 bab antara lain :

BAB I PENDAHULUAN

Menjelaskan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Menjelaskan tentang Konsep Dasar Jaringan, Manfaat Jaringan, Keuntungan dan Kerugian Jaringan, Bentuk-bentuk Jaringan, Arsitektur Fisik Jaringan, Komponen dalam Jaringan, dan Peripheral Pendukungnya.

BAB III ANALISA SISTEM

Menjelaskan tentang sejarah singkat dan struktur organisasi, uraian tugas di SLTP 13 Jakarta, analisa masalah yang timbul, sistem prosedur, perangkat yang digunakan dalam jaringan novell dan analisa sistem jaringan Novell yang berjalan di SLTP 13 Jakarta dan usulan pemecahan masalah.

BAB IV PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM JARINGAN

Menjelaskan gambaran umum sistem jaringan Windows 2000 Server, konfigurasi sistem jaringan yang direncanakan dan prosedur instalasi jaringan lokal dengan Windows 2000 Server.

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan kesimpulan pokok yang dapat diambil dari pembahasan seluruh bab dan saran-saran berdasarkan hasil evaluasi.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!