KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(038) Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMU Negeri 13


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia, maka perkembangan teknologi informasi semakin terpacu. Jika dahulu orang – orang hanya dapat berkomunikasi menggunakan surat tetapi sekarang tidak hanya surat yang dapat dijadikan alat komunikasi terlebih setelah ditemukannya telepon, handphone dan lain sebagainya. Beberapa tahun terakhir komunikasi yang sering digunakan adalah menggunakan sarana internet.

Berbicara mengenai internet tentu tidak dapat dilepaskan dari sistem jaringan komputer. Perubahan informasi yang begitu cepat dapat diterima melalui internet. Dengan adanya jaringan pada komputer maka sangat dimungkinkan untuk terjadinya komunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam waktu yang bersamaan, secara cepat dan efisien. Penerapan jaringan komputer kini sudah merambah ke berbagai bidang termasuk untuk keperluan pendidikan.

Bagi dunia pendidikan informasi dan ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Segala perubahan yang begitu cepat harus dapat ditanggapi. Oleh sebab itu, SMA Negeri 13 menambahkan materi pelajaran internet sebagai bagian dari mata pelajaran komputer. SMA Negeri 13 pun menerapkan sistem jaringan komputer sejak bulan Juli 2007.

Jumlah komputer pada laboratorium komputer pada SMA Negeri 13 Palembang sebanyak 48 komputer klien dan satu komputer server. Bandwidth yang dialokasikan sebanyak 32 Kbps. Dengan jumlah bandwidth sebesar 32 Kbps jika seluruh komputer digunakan untuk mengakses internet maka akan terjadi kelambatan akses internet.

Hal inilah yang membuat penulis untuk melakukan analisa terhadap jaringan komputer pada laboratorium komputer SMA Negeri 13 Palembang. Penulis pun menuliskan hasil analisa sebagai laporan Praktek Kerja Lapangan dengan judul “Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMA Negeri 13 Palembang”.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka penulis mempersempit pokok permasalahan. Permasalahannya adalah “Apakah jumlah bandwidth yang tersedia telah sesuai terhadap penggunaan internet pada SMA Negeri 13 Palembang”.

1.3 Tujuan dan Manfaat

1.3.1 Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMA Negeri 13 Palembang sebagai berikut :

1. Mengetahui waktu pemakaian puncak penggunaan internet pada SMA Negeri 13 Palembang.

2. Mengetahui situs apa saja yang paling sering dikunjungi oleh siswa SMA Negeri 13 Palembang.

1.3.2 Manfaat

Adapun manfaat dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMA Negeri 13 Palembang sebagai berikut :

1. Sebagai tolak ukur baik buruknya manajemen traffic internet pada SMA Negeri 13 Palembang.

2. Untuk mengetahui cara membatasi situs apa saja yang boleh dikunjungi oleh para siswa SMA Negeri 13 Palembang,

3. Untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang ada pada traffic internet SMA Negeri 13 Palembang.

1.4 Metodologi Penelitian

Dalam melakukan analisa penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data–data yang akan diolah dan dibuat suatu rumusan sehingga akhirnya sampai pada suatu kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah :

1. Data Primer, data yang dikumpulkan oleh peneliti langsung dari sumbernya, melalui metode :

1. Teknik Observasi, langsung mengadakan analisa terhadap objek yang dianalisa, yaitu traffic internet pada jaringan LAN SMA Negeri 13 Palembang dengan mengadakan pengamatan dan perencanaan terhadap data dan informasi yang diperlukan.

2. Teknik Wawancara, yaitu suatu cara penganalisaan atau pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan langsung kepada petugas yang memiliki hubungan dengan masalah yang akan dianalisa.

2. Data Sekunder, yaitu data yang telah dikumpulkan pihak lain. Data ini diperoleh dengan cara riset kepustakaan, membaca buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang dianalisa.

1.5. Tempat dan Waktu Praktek Kerja Lapangan

Dalam melaksanakan praktek kerja lapangan ini penulis mengambil lokasi pada SMA Negeri 13 Palembang. Penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) terhitung mulai bulan November 2007 sampai dengan Desember 2007.

1.6. Sistematika Penulisan

BAB 1. PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang dilaksanakannya analisa, masalah yang ingin diselesaikan, yang tertuang di dalam perumusan masalah. Kemudian tujuan dilaksanakannya analisa, juga manfaat yang akan diperoleh melalui analisa yang dilakukan.

BAB II. GAMBARAN UMUM

Bab ini berisi sejarah singkat SMA Negeri 13 Palembang, bagian–bagian atau divisi-divisi di dalam sekolah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah.

BAB III. LAPORAN KEGIATAN

Bab ini berisi laporan kegiatan dari analisa yang penulis lakukan, serta menemukan jawaban dan solusi atas permasalahan yang terdapat pada perumusan masalah.

BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang diajukan untuk objek penelitian, dalam hal ini SMA Negeri 13 Palembang.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!