KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(022) KOLERASI ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II POKOK BAHASAN PASAR PADA BIDANG STUDI


 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam UU. NO. 20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar atau terencana yang dilakukan oleh manusia untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri serta keterampilan yang diperlukan bagi diri dan masyarakat, bangsa, dan negara. Sedangkan menurut undang-undang Pendidikan Nasional pasal I ayat I dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk menyiapkan peserta didik yang dapat diwujudkan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana yang tertulis dalam undang-undang di atas, berbagai upaya pendekatan yang dilakukan oleh guru salah satunya adalah pemberian penguatan. Pemberian penguatan merupakan suatu respon guru terhadap jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal lain yang dapat menambah motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki berbagai keterampilan agar kegiatan belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Kenyataan menunjukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru di sekolah. Semakin tepat metode yang digunakan, maka semakin baik hasil yang diperoleh. Seorang guru dapat menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa, sehingga dapat menambah minat dan perhatian belajar siswa serta menjadi motivasi bagi mereka dalam belajar mengajar. Salah satu metode yang dimaksud adalah pemberian penguatan.

Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk memilih penelitian yang terkait dengan tersebut dengan judul “Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : Apakah ada korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007?.


C. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : Untuk Mengetahui Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007.

D. Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu:

1. Kegunaan Teoritis

a. Diharapkan informasi yang diperoleh dalam penelitian ini dapat menambah wawasan keilmuan penelitian, terutama yang terkait dengan pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.

b. Membangkitkan semangat belajar dan perhatian siswa dengan harapan untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik.

2. Kegunaan Praktis

a. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai masukan bagi personil sekolah, khususnya bagi guru bidang studi ekonomi dalam menyusun dan mengembangkan metode pengajaran yang berorientasi pada pemberian penguatan.

b. Menilai sejak dini permasalahan pembelajaran dengan memanfaatkan metode pemberian penguatan.

E. Hipotesis

Hipotesis dapat diartikan sebagai suatu jawaban yang dapat bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpul (Arikunto, 2002 : 64). Sedangkan Netra (1974 : 26), berpendapat bahwa hipotesis adalah suatu pernyataan (declarative statement) yang belum sepenuhnya diakui kebenarannya.

Adapun hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Hipotesis alternatif (Ha) “Ada korelasi korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007”.

F. Penegasan Istilah

Untuk memahami istilah yang penulis gunakan dalam penelitian ini maka perlu diberikan batasan istilah, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman arti dan makna yang terkandung dalam judul penelitian ini.

1. Korelasi

Korelasi berarti hubungan timbal balik atau sebab akibat (Poerwadarminta, 1985 : 56). Sedangkan Arikunto (2002 : 239), menyatkaan bahwa korelasi adalah suatu alat statistik yang dapat digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran dari variabel yang berbeda agar dapat menentukan tingkat hubungan anatara variabel-variabel yang lain.

Dari kedua pendapat di atas, maka yang dimaksud dengan korelasi dalam penelitian ini adalah suatu alat atau cara yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua variabel yaitu variabel pemberian penguatan dan variabel prestasi belajar.

2. Pemberian Penguatan

Pemberian penguatan adalah suatu cara atau metode yang dilakukan oleh guru dalam merespon secra positif tingkah laku tertentu dari siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali (Suhartien dan Suhartian, 1992 : 102).

Yang dimaksud dengan pemberian penguatan dalam penelitian ini adalah pemberian penguatan dengan menggunakan verbal dan non verbal.

3. Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu (Tirtonegoro, 1984 : 43).

Jadi yang dimaksud dengan prestasi belajar dalam penelitian ini adalah suatu hasil yang diperoleh setiap siswa dalam kegiatan belajar mengajar setelah diberikan soal (tes).


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!