KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(022) KAJIAN POLA KERJASAMA KOMITE SEKOLAH DENGAN GURU DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SDN SEMPARU KECAMATAN KOPANG LOTENG

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Kegagalan yang terjadi dalam usaha reformasi pendidikan bermuara pada tidak terciptanya kolaborasi yang maksimal pada satuan pendidikan, baik kepala madrasah, guru, siswa, maupun masyarakat (Mulyasa, 2003 : xiv). Mencermati kondisi pendidikan tersebut, maka peran masyarakat atau pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pelayanan pendidikan mutlak dibutuhkan dan sangat penting.

Membangun jaringan kerja sama bagi komite sekolah merupakan suatu keharusan, baik dengan pemerintah maupun masyarakat untuk meningkatkan kualitas keluaran pendidikan. Jika jaringan kerja sama diasumsikan merupakan investasi penting bagi lembaga pendidikan, maka membangun kerjasama antara berbagai pihak yang berkepentingan merupakan hal yang penting.

Keterlibatan pihak-pihak tertentu seperti komite sekolah, kelompok lain yang terlibat dalam mendukung kegiatan belajar termasuk para guru agar dapat melakukan kerjasama yang baik merupakan hal yang penting. Kerjasama seperti ini akan dapat mewujudkan proses belajar mengajar yang transparan dan teratur. Kenyataan yang terjadi selama ini, komite sekolah masih dilihat sebelah mata karena fungsi dan kewenangannya masih jauh dari harapan, dan belum maksimal. Salah satu fungsi dan kewenangan komite sekolah yang jauh dari harapan adalah melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait (kepala sekolah, guru, masyarakat, pemerinah) dalam penyelengaraan pendidikan bermutu.

Keberadaan komite sekolah belum banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena masih adanya paham masyarakat terhadap pola lama di mana seluruh program selalu bersifat dari atas ke bawah tidak menghiraukan keinginan dari masyarakat sekitarnya. Sering kali terjadi kesalahpahaman bahwa pendidikan hanyalah tugas guru dan pemerintah, sedangkan masyarakat tidak pernah merasa memiliki lembaga pendidikan. Masyarakat tidak pernah merasa bertanggung jawab terhadap proses belajar mengajar, padahal institusi pendidikan merupakan milik bersama, kewajiban bersama dan tanggung jawab bersama yang harus dipikul secara bersama-sama.

Salah satu fungsi dari komite sekolah adalah sebagai mitra kerja lembaga pendidikan, bukan lawan yang harus ditakuti namun merupakan kawan yang harus dirangkul, sehingga segala masalah yagn dihadapi lemabaga pendidikan dapat diselesaikan dengan baik dan bijak. Membangun pola kerja sama yang baik antara komite sekolah dengan guru sudah merupakan keharusan dan menjadi komitmen antara pemerintah, pihak sekolah/guru, dan masyarakat sekitar.

Berdasarkan uraian di atas, maka sangatlah penting untuk melakukan penelitian tentang Kajian Pola Kerjasama Komite Sekolah dengan Guru dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Semparu Kecamatan Kopang Loteng Tahun Pelajaran 2006-2007.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam paper ini adalah bagaimana Pola Kerjasama Komite Sekolah dengan Guru dalam mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Semparu Kecamatan Kopang Loteng Tahun Pelajaran 2006-2007

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah dalam paper ini, maka tujuan yang diharapkan dalam paper ini adalah:

1.3.1.1. Untuk mengetahui Pola Kerjasama Komite Sekolah dengan Guru dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Semparu Kecamatan Kopang Loteng Tahun Pelajaran 2006-2007.

1.3.1.2. Untuk mengetahui manfaat kerjasama Komite Sekolah dengan guru dalam upaya mendukung kegiatan belajar mengajar di SDN Semparu.


1.3.2. Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini mempunyai manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis yaitu sebagai berikut:

1.3.2.1. Secara Teoritis

Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan yaitu tentang pola kerja sama komite sekolah dengan guru dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

1.3.2.2. Secara Praktis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi Komite Sekolah dan guru di SDN Semparu Kecamatan Kopang Loteng dan komite sekolah lainnya sebagai masukan dalam rangka meningkatan pola kerja sama yang lebih baik.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!