KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

(012) URGENSI FISIKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

ABSTRAK

Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk melihat dan memikirkan segala sesuatu ciptaan-Nya, baik yang berada di langit maupun di bumi (Q.S. 10:101). Manusia diperintahkan untuk senantiasa menggali ilmu pengetahuan agar menjadi umat yang tangguh sebagai wakil Allah di bumi.

Kemajuan teknologi saat ini semakin pesat dan dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Untuk itu umat Islam harus dapat mengikuti setiap perkembangan yang ada agar tidak menjadi umat yang tertinggal, terlebih berkaitan dengan tugasnya sebagai khalifah di bumi. Dalam hal ini penguasaan Fisika merupakan salah satu kunci permasalahan tersebut. Allah pun telah memberikan petunjuk tentang Fisika dalam beberapa ayat di dalam Al-Qur’an.

Dalam dasawarsa terakhir ini umat Islam terlihat sangat lemah dalam penguasaan Fisika dan jauh tertinggal oleh orang Barat dalam penguasaan teknologi. Hal ini dikarenakan adanya kecenderungan dikotomis terhadap ilmu pengetahuan khususnya Fisika. Di kalangan umat Islam masih belum ada keseimbangan antara penguasaan ilmu agama dan penguasaan Iptek. Mereka masih kurang menyadari arti pentingnya ilmu Fisika dan manfaatnya dalam kegiatan ibadah dan penghambaan diri kepada Allah SWT.

Fisika mempelajari tentang berbagai bentuk struktur dan karakter benda-benda alam. Dengan demikian penguasaan terhadap Fisika merupakan salah satu kegiatan yang dikehendaki oleh Allah SWT. Fisika merupakan ilmu yang mendasari pengembangan teknologi, sehingga penguasaan terhadap Fisika merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam agar menjadi umat yang unggul dalam penguasaan Iptek. Di samping itu, penerapan Fisika dalam beberapa cabang Ilmu memberikan kontribusi besar bagi kegiatan ibadah umat Islam.

Dengan demikian Fisika merupakan cabang ilmu yang sangat penting untuk dikuasai oleh umat Islam, karena penguasaan Fisika mendasari pengembangan teknologi. Dengan Fisika umat Islam dapat mencapai kemajuan teknologi dan tidak bergantung kepada produk orang lain, sehingga mereka dapat memenuhi semua kebutuhan mereka sendiri baik kebutuhan fisik maupun untuk penghambaan diri kepada Allah SWT.

Fisika banyak berperan dalam pelaksanaan tugas-tugas manusia sebagai khalifah di bumi dan memberikan banyak kemudahan dalam kegiatan ibadah yang merupakan kewajiban bagi setiap individu muslim. Penguasaan terhadap Fisika akan memberikan peluang besar bagi umat Islam untuk mempertahankan kejayaanya.

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!