KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada PT. Pikas Ciptapelangi Taberindo


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dengan semakin majunya teknologi pada masa sekarang ini, kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat.

PT. Pikas Ciptapelangi Taberindo adalah perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan barang. Produk yang dipasarkan adalah Hardware pintu otomatis, daerah pemasarannya adalah di wilayah Jabodetabek. Peranan penjualan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan karena dari penjualan akan dihasilkan pendapatan bagi perusahaan. Suatu sistem yang baik diperlukan untuk mengatur siklus penjualan agar proses kegiatan dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Dengan demikian perlu diadakan analisis dan perancangan sistem informasi penjualan sehingga sistem informasi yang dihasilkan dapat benar-benar sesuai dengan harapan pimpinan untuk mendukung pengambilan keputusan untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan dalam membuat strategi penjualannya dimasa yang akan datang.

B. Identifikasi Masalah

Walaupun sistem penjualan hardware pintu otomatis yang ada di perusahaan sudah berjalan tetapi masih saja terdapat permasalahan yang menghambat proses penjualan, oleh karena itu perlu diidentifikasi penyebab dari masalah – masalah yang terjadi, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sering terjadi kesalahan perhitungan transaksi penjualan karena sistem yang digunakan masih manual sehingga sering terjadi pengulangan input data harga barang dan kesalahan memasukan data harga barang.

2. Resiko kehilangan data penjualan sangat tinggi, yang disebabkan pengumpulan data penjualan dilakukan secara manual.

3. Bagian penjualan kesulitan untuk menentukan strategi penjualan dimasa yang akan datang karena laporan data penjualan kurang akurat seperti tidak adanya laporan data penjualan per periodik, dan sebagainya.

C. Batasan Masalah

Pada skripsi ini penulis hanya membatasi permasalahan hanya pada mengenai penjualan pada PT Pikas Ciptapelangi Taberindo, yang meliputi pemesanan barang, transaksi penjualan, pengiriman barang, pembayaran, dan pembuatan laporan penjualan untuk pimpinan perusahaan. Dokumen yang diperlukan guna memperoleh kelancaran proses yaitu data barang, data pelanggan, data pesanan, data pembayaran, nota pembayaran.

D. Tujuan penulisan

Tujuan penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:

1. Melengkapi sistem informasi penjualan barang yang telah ada, sehingga lebih akurat dan dapat memberikan efesiensi dan efektifitas kerja yang lebih baik dengan penggunaan sistem yang baru.

2. Memecahkan masalah – masalah dalam transaksi penjualan. Agar proses penjualan menjadi lancar sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan cepat.

3. Agar laporan penjualan yang dihasilkan lebih akurat sehingga dapat membantu pihak manajemen dalam membuat strategi penjualan di masa yang akan datang

E. Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah:

1. Studi Lapangan

Dengan cara:

a) Observasi yaitu mendatangi lokasi, melakukan pengamatan, mengumpulkan data dari perusahaan untuk mengetahui permasalahan yang ada.

b) Wawancara yaitu mengajukan tanya jawab langsung kepada bagian penjualan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

2. Studi Kepustakaan

Yaitu dengan membaca buku – buku referensi yang berhubungan dengan Sistem Informasi Manajemen dan Penjualan guna mendapat pemahaman mengenai teori–teori yang mendukung penulisan skripsi ini.

F. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi ini terbagi menjadi 5 bab , yaitu:

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini membahas mengenai latar belakang penelitian, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penulisan, dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Berisi landasan teori tentang konsep dasar sistem, konsep perancangan sistem, sistem prosedur, DAD, ERD, normalisasi, kamus data serta bagan terstruktur.

BAB III : ANALISA SISTEM

Bab ini membahas mengenai profil perusahaan PT. Pikas CiptaPelangi Taberindo, struktur organisasi, dan sistem prosedur, ERD, DFD, normalisasi, kamus data pada perusahaan PT. Pikas Ciptapelangi Taberindo dengan kendala– kendala yang dihadapi serta usulan pemecahan masalah.

BAB IV : PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Bab ini membahas mengenai usulan perubahan perbaikan system yang ada, mencakup : sistem prosedur penjualan, DFD, ERD, normalisasi, kamus data, perancangan database, perancangan layer dan implementasinya.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini membahas mengenai kesimpulan terhadap hasil perancangan yang telah selesai dilakukan, dan saran untuk perkembangan sistem di masa yang akan datang.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!